Selasa, 23 Februari 2016

6 Spot Wisata Pelabuhan Ratu di Sukabumi Terpopuler

6 Spot Wisata Pelabuhan Ratu di Sukabumi Terpopuler

Wisata Pelabuhan Ratu
Kawasan wisata Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi paling menarik yang dapat Anda kunjungi saat berada di Kabupaten Sukabumi. Karakteristik wisata Pelabuhan Ratu terdapat pada tebing karang yang terjal, ombak lautnya yang besar, serta panorama pantai yang memikat hati. Inilah sebab mengapat salah satu tempat wisata di Sukabumi ini menjadi destinasi yang digemari oleh banyak penikmat perjalanan dari mancanegara.
Secara administratif, Pelabuhan Ratu adalah sebuah kecamatan yang terhimpun dari sembilan desa dan satu kelurahan. Letak geografinya yang berbatasan langsung dengan perairan lepas Samudera Hindia menyuguhkan Anda sejumlah pesona wisata bahari yang mengagumkan, mulai dari panorama yang indah hingga scuba diving yang berkesan. Dari Jakarta, jarak perjalanan ke Pelabuhan Ratu mencapai sekitar 137 Km dan memakan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan. Sementara dari Bandung ke Pelabuhan Ratu, berjarak sejauh 153 Km.
Salah satu hal unik tentang kawasan wisata Pelabuhan Ratu ini adalah kisah mistis yang kerap dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul. Ini tak lepas dari posisi pantainya yang merupakan bagian dari pantai selatan Jawa. Mitos dan kisah mistis ini adalah kearifan lokal, menjadi bagian tak terpisahkan dari popularitas Pelabuhan Ratu itu sendiri sebagai salah satu destinasi wisata paling menawan di Sukabumi dan disukai banyak penikmat perjalanan domestik dan mancanegara.
Alamat Pelabuhan Ratu: Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.9816898,106.5433509

Spot Menarik Wisata Pelabuhan Ratu

Berikut ini adalah sejumlah spot dan tempat menarik yang dapat Anda temukan di kawasan wisata Pelabuhan Ratu di Sukabumi.

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Inilah tempat wisata paling terkenal di Sukabumi, merupakan destinasi utama bagi siapun yang mengunjungi kawasan wisata Pelabuhan Ratu. Pantai Pelabuhan Ratu memberi suguhan panorama yang menawan, berbalut udara sejuk, dan pasir yang terhampar luas. Di pantai ini, Anda akan menjumpai bebatuan karang terjal yang menjorok ke laut serta hutan cagar alam pada sisi lainnya. Deburan ombak kencang yang menghantam karang semakin menambah panorama indah pantai di Sukabumi yang satu ini.
Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu
Cara paling populer yang dilakukan wisatawan di pantai Pelabuhan Ratu ini adalah dengan bermain-main di tepian pantai, bersantai menikmati alam sekitar, hingga memancing. Jika ingin, Anda dapat menyewa kuda yang akan mengantarkan Anda berkeliling kawasan pantai tersebut.
Baca juga: Pesona 7 Tempat Wisata di Sukabumi Paling Memikat

2. Scuba Diving di Pelabuhan Ratu

Keindahan alam bawah laut Pelabuhan Ratu adalah salah satu yang menawan yang dapat Anda temui. Meski dikenal dengan arus lautnya yang besar, tetapi tidak semua tempat di kawasan Pelabuhan Ratu memiliki ombak besar dan arus yang kuat. Beberapa spot diving di Pelabuhan Ratu yang terkenal adalah Sodong Parat, Karang Antuk, dan Batu Kuok. Dari ketiganya, Karang Antuk adalah yang paling disukai para penikmat diving.
Diving di Pelabuhan Ratu
Diving di Pelabuhan Ratu
Anda dapat menghubungi dive operator di Pelabuhan Ratu untuk dapat mengeksplorasi pesona eksositem bawah lautnya yang menawan. Terdapat aneka spesies ikan dengan warna-warni yang indah dan terumbu karang.

3. Goa Lalay

Goa Lalay di Pelabuhan Ratu
Goa Lalay di Pelabuhan Ratu
Di Goa Lalay, terdapat jutaan kelelawar yang hidup di dalamnya. Ketika hari menjelang senja pada sekitar pukul 5 sore, gerombolan kelelawar biasanya akan mulai terbang keluar dari dalam gua tersebut. Lokasi goa yang hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai memungkinkan Anda untuk dapat menikmati sunset di Pelabuhan Ratu sekaligus menyaksikan atraksi ribuan kelelawar terbang yang sungguh unik tersebut.

4. Pantai Cimaja

Inilah pantai yang berlokasi dekat dengan Pelabuhan Ratu di Sukabumi dan menjadi salah satu tempat surfing paling favorit bagi para peselancar. Pantai ini tidak asing di kalangan surfer nasional dan internasional. Pantai Cimaja memiliki ombak yang besar dengan ketinggian ombak hingga mencapai 4 meter. Beberapa kompetisi surfing pernah terselenggara di pantai ini. Di saat akhir pekan, pantai ini akan ramai oleh para surfer.
Pantai Cimaja
Pantai Cimaja
Tetapi, pantai Cimaja tidaklah hanya untuk kegiatan berselancar saja. Di pantai ini Anda dapat menghabiskan waktu dengan bersantai sambil menikmati pemandangan bebatuan kali bulat-bulat yang terdapat di sepanjang pantai serta menyaksikan para peselancar mempertunjukkan kebolehannya menerjang ombak Cimaja, berliuk-liuk mengikuti gerakan gelombang.

5. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu
Lokasi pantai ini juga dekat dengan area wisata Pelabuhan Ratu. Pemandangan karang dan tebing yang menjorok ke laut adalah panorama unik yang dapat Anda temui di pantai Karang Hawu. Pesona alam di kawasan ini sungguh memikat, menyuguhkan Anda keindahan sepanjang horizon yang tersaji di depan di mata. Memancing dan berenang adalah beberapa kegiatan yang populer dilakukan wisatawan di pantai ini, terutama di kala pagi dan sore hari. Selain itu, berselancar juga merupakan kegiatan lain yang cukup sering dilakukan wisatawan di pantai Karang Hawu.

6. Pemandian Air Panas Cisolok

Tak jauh dari kawasan wisata Pelabuhan Ratu, Anda dapat pergi dengan mudah ke tempat pemandian air panas yang berlokasi di desa Cisolok. Keunikan air panas Cisolok adalah pada airnya yang keluar melalui bebatuan dengan tiga titik sembur. Air panas yang keluar dari titik sembur ini bersuhu tinggi mencapai 80 derajat Celcius, oelh karenanya Anda tidak diperbolehkan berada dekat dengan titik sembur tersebut.
Air Panas Cisolok
Air Panas Cisolok
Cukup jarang ditemui pemandian air panas di kawasan pantai, sebab pada umumnya berada di daerah pegunungan sebagaimana yang dapat ditemukan di Ciater, Ciwidey, atau Gunung Pancar. Berendam di pemandian air panas ini dipercaya akan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Satu hal lagi, air panas Cisolok ini tidak mengandung belerang, melainkan berasal dari Geyser bumi.

Hotel di Kawasan Wisata Pelabuhan Ratu

Kawasan wisata Pelabuhan Ratu memiliki sarana dan prasarana yang baik. Anda dapat menemukan banyak pilihan hotel dan penginapan di tempat ini, mulai dari yang berbintang hingga aneka villa. Mungkin Anda harus melakukan booking sebelumnya untuk mendapatkan kamar kosong, terutama di saat musim libur. Anda dapat menghubungi pihak hotel di sana atau mencari hotel di Pelabuhan Ratu secara online. Salah satu booking online yang populer di kalangan penikmat perjalanan adalah AGODA.

Cara Menuju Pelabuhan Ratu

Perjalanan wisata ke Pelabuhan Ratu dapat ditempuh dari Bogor atau Depok. Jika Anda ingin menaiki angkutan umum, Anda dapat mulai dari Terminal Baranangsiang di kota Bogor dengan mengambil bis jurusan Bogor – Pelabuhan Ratu. Perjalanan ini akan memakan waktu hingga sekitar 3,5 jam.
Jika Anda ke Pelabuhan Ratu menggunakan kendaraan pribadi, maka dari Depok Anda dapat memulai rute perjalanan dari Sawangan, lalu melewati Pengasinan, selanjutnya Sasak Panjang, Cilendek, Ciomas, Ramayana, Batu Tulis, dan kemudian Cijeruk hingga pada akhirnya sampai di kawasan wisata Pelabuhan Ratu.


sumber: http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/sukabumi/wisata-pelabuhan-ratu-di-sukabumi/2846/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar