Selasa, 23 Februari 2016

10 Wisata Kuliner di Puncak yang Pasti Memuaskan

10 Wisata Kuliner di Puncak yang Pasti Memuaskan

Salah satu efek dari hawa dingin adalah rasa lapar. Hohoho. Buat Klikers yang sedang berlibur ke kawasan Puncak, liburan Anda bakalan kurang lengkap tanpa wisata kuliner. Ada cukup banyak restoran dan warung makan yang dapat kita jumpai di Puncak, namun terus terang tidak semua rasanya enak. Nah, untuk Klikers yang akan atau sedang berlibur ke Puncak, berikut rekomendasi 10 wisata kuliner di Puncak yang tidak akan mengecewakan:

1. Warung Sate Shinta

sate shinta
sate shinta
Salah satu kuliner di Puncak yang paling tenar adalah Warung Sate Shinta. Warung Sate Shinta sudah buka sejak tahun 1977 dan saat ini juga memiliki beberapa cabang. Di sepanjang jalur Puncak pun Anda dapat menemukan empat cabang Warung Sate Shinta. Cabang lainnya dapat Anda temukan di Cianjur, Bogor, dan Bandung. Warung Sate Shinta ini menyediakan banyak pilihan menu. Tersedia sate kambing, sate kelinci, sate sapi, sate ayam, gulai, sop kambing, dan juga sop buntut. Menu paling favorit di Warung Sate Shinta ini adalah sate kambingnya. Di sini, Anda dapat meminta kepada pelayan untuk menggunakan hotplate dan bukan piring biasa agar satenya awet hangatnya.
Warung Sate Shinta berlokasi di:
• Jl. Raya Cipanas No. 20
• Jl. Raya Cipanas No. 162, Cipanas
• Jl. Puncak Km 75 No. 30
• Jalan Raya Puncak Km 75 No 30, Cipayung

2. Sate Maranggi Sari Asih

Sate Maranggi Sari Asih
Sate Maranggi Sari Asih
Doyan sate maranggi? Di kawasan Puncak ada sate maranggi yang enak, lho! Namanya Sate Maranggi Sari Asih. Sate Maranggi Sari Asih ini berlokasi di Pacet, sebelah kanan pinggir jalan raya utama setelah Puncak menuju Cipanas. Di Sate Maranggi Sari Asih ini, satenya tersedia dalam dua pilihan, yaitu sate campur lemak dan sate daging (pure). Anda dapat memilih, apakah mau menyantapnya bersama nasi atau ketan bakar. Salah satu kelebihan dari Sate Maranggi Sari Asih adalah Anda bisa meminta kecap dan dan kuah tambahan. Tersedia juga saus kacang dengan citarasa tauco yang lezat sekali!
Sate Maranggi Sari Asih berlokasi di:
Pacet, Cipendawa, Mojokerto, Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia

3. Bumi Aki

Bumi Aki
Bumi Aki
menu sunda di Bumi Aki
menu sunda di Bumi Aki
Ingin berwisata kuliner di Puncak sembari menikmati pemandangan indah? Bersantaplah di Restoran Bumi Aki. Restoran Bumi Aki yang pertama kali dibuka pada tahun 1988 ini menyajikan menu makanan Sunda. Karena lokasi bangunannya berada persis di tepi jurang, maka para pengunjungnya dapat bersantap sembari menikmati paronama alam Puncak nan indah. Salah satu menu andalan di restoran berkapasitas 400 orang ini adalah sate kambing muda dengan lemak dan ikan emas balita goreng. Jika kebetulan saat Anda datang restoran sedang full capacity, maka biasanya Anda akan diarahkan ke Restoran Bumi Nini. Restoran Bumi Nini ini bukannya “tiruannya” Bumi Aki karena kedua restoran ini memang masih berada di bawah pengelola yang sama.
Restoran Bumi Aki berlokasi di:
Jalan Raya Puncak-Ciloto Nomor 59
Cianjur, Jawa Barat

4. Rindu Alam

Rumah Makan Rindu Alam
Rumah Makan Rindu Alam
Sate RM Rindu Alam
Sate RM Rindu Alam
Salah satu tempat kuliner di Puncak yang sudah melegenda adalah Restoran Rindu Alam. Restoran yang sudah buka sejak puluhan tahun lalu ini mungkin interiornya sudah terlihat jadul. Namun, makanannya masih enak dan panoramanya pun masih indah. Sembari bersantap, pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan kebun teh. Beberapa menu makanan yang ditawarkan restoran Rindu Alam ini adalah sate kambing, sop iga sapi, nasi goreng dan masih banyak lagi. Di luar restoran, Anda juga dapat menemukan berbagai jajanan khas Puncak seperti jagung bakar, ubi bakar cilembu, dan bandrek.
Rindu Alam berlokasi di:
Jl. Raya Puncak Pass KM 79, Bogor Selatan

5. Cimory Riverside Resto

Cimory Riverside Resto
Cimory Riverside Resto
Cimory Riverside resto menyediakan menu italia, western, dan indonesia
Cimory Riverside resto menyediakan menu italia, western, dan indonesia
Jika restoran lain di kawasan Puncak menawarkan keindahan paronama pegunungan, maka Cimory Riverside Resto menawarkan indahnya panorama Sungai Ciliwung. Cimory Riverside Resto ini lokasinya tak jauh dari Taman Safari. Di restoran ini, Anda dapat menikmati santapan sembari mendengarkan harmoni suara aliran sungai dan kicauan burung. Keberadaan taman cantik di pinggir sungai pun menambah indahnya pemandangan. Cimory Riverside Resto menyediakan menu western, Italia, dan Indonesia. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Chocomory yang menjual aneka cokelat, mulai di cokelat batangan hingga aneka cookies cokelat.
Cimory Riverside Resto berlokasi di:
Jl Raya Puncak 415, Cisarua, Bogor

6. Warung Sate H Kadir

Sate Kambing H Kadir
Sate Kambing H Kadir
Satu lagi nih tempat makan sate yang enak di kawasan Puncak. Warung Sate H Kadir! Sama seperti Warung Sate Shinta, Warung Sate H Kadir pun sudah memiliki beberapa cabang. Salah satu cabangnya ada di daerah Megamendung, tak jauh dari Taman Safari. Menu paling favorit di warung sate yang buka sejak tahun 1997 ini adalah sate buntut kambing. Buntut kambing yang dipotong-potong, ditusukkan pada tusuk sate dan dibakar ini memiliki citarasa manis dan gurih. Tanpa bumbu kacang dan kecap pun, rasanya sudah nikmat. Ada juga menu sop kambing, tongseng kambing, gulai kambing. Pokoknya, pencinta daging kambing wajib melipir ke Warung Sate H Kadir!
Warung Sate H Kadir berlokasi di:
• Jl. Raya Puncak Cisarua
• Jl. Raya Puncak Km.17, Puncak
• Jl. Raya Puncak, Cipayung
• Jl. Raya Puncak Cipayung Datar No.64

7. Rumah Makan Kalimantan

Selain Restoran Rindu Alam, tempat kuliner di Puncak yang juga sudah buka sejak berpuluh tahun lalu adalah Rumah Makan Kalimantan. Restoran ini menyajikan menu chinese food, mulai dari puyunghai, kuluyuk ayam, burung dara, kwetiau goreng, cah kangkung, hingga baso tahu. Namun, salah satu menu yang paling terkenal dari Rumah Makan Kalimantan ini adalah nasi tim. Nasi tim Rumah Makan Kalimantan ini rasanya sangat enak dengan ukuran porsi yang besar. Tak heran bila restoran ini selalu penuh.
nasi tim RM Kalimantan
nasi tim RM Kalimantan
Rumah Makan Kalimantan berlokasi di:
Jl. Raya Pasekon No. 24, Cipanas, Kec. Cianjur.

8. Bakso Setan

Bakso Setan
Bakso Setan
Salah satu makanan yang asyik untuk disantap di hawa dingin sudah pasti adalah bakso. Salah satu warung bakso yang terkenal di Puncak adalah Bakso Setan. Hmm, tak perlu seram duluan mendengar namanya. Penamaan Bakso Setan ini diberikan karena ukuran bakso yang dijual sangatlah luar biasa. Segede mangkok! Nama asli warungnya sebenarnya adalah Bakso Setia yang kerap disingkat Baset. Bakso berisi daging cincang ini cocoknya untuk disantap bareng-bareng. Anda juga bisa menikmatinya dengan mie. Bakso setan ini sudah berjualan sejak 20 tahun yang lalu, lho!
Bakso Setan berlokasi di:
Jl. Raya Puncak – Cianjur km 83, Cisarua, Bogor

9. Ubi Cilembu

ubi cilembu
ubi cilembu
Salah satu kuliner yang tak boleh Anda lewatkan adalah ubi cilembu. Ubi cilembu sebenarnya berasal dari Sumedang, tapi Anda dapat menemukannya dengan mudah di Puncak. Ubi cilembu ini memiliki warna oranye tua. Ubi cilembu ini biasanya dioven hingga madu alami yang terkandung dalam ubi cilembu keluar dan menghasilkan rasa manis yang legit.

10. Kuliner Pasar Cipanas Puncak

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Terakhir, jangan lupa untuk berjalan-jalan ke Pasar Cipanas. Di Pasar Cipanas, Anda dapat membeli buah-buahan dan sayur-mayur segar. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner di Pasar Cipanas. Tepat di depan Pasar Cipanas, Anda akan menemukan aneka jajanan yang dijual di tenda-tenda. Anda dapat menemukan mie ayam, batagor, siomay, pempek, martabak, dan lainnya.

sumber: http://www.klikhotel.com/blog/kuliner-di-puncak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar